Menu
0812 9836 4536

Jl. Meruyung Cinere Raya No.46 Limo Depok

Tips Sebelum Membeli Tanah Kavling

Thursday, July 14th 2016.

Tips Sebelum Membeli Tanah Kavling

Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap pasangan suami istri, kenapa tidak langsung membeli rumah ready stok?. Macam-macam alasan mengapa beli kavling. Salah satunya untuk sebagian orang membeli satu kavling rumah siap huni belum cukup luas untuk sebuah rumah impian, yang penting untuk kita yang mau beli rumah kalau 2 kavling atau lebih.

kavling3
Dari pengalaman saya membantu klien beli rumah dgn 2 kavling, budget kpr jadi besar, sama aja dgn pengajuan kpr dengan dua kavling sehingga budget kpr menjadi dua kali lipat.
Mengapa ?
sebab nomor surat tanah berbeda, oleh karena itu biaya notaris menjadi 2 kali, biaya pembiayaan menjadi 2 x, biaya administrasi jadi dua x, artinya kita harus mengeluarkan budget dua x lebih besar untuk budget kpr dan pengalihan hak ke anda.
Bagaimana tips untuk mempermurah budget ?
Jauh lebih murah jika kita menyuruh developer untuk jadikan 1 surat tanah kedua kavling tersebut sebelum di-kpr-kan ke bank, tentu ada biayanya tapi akan lebih kecil dibanding dgn biaya kpr yg bisa keluar 8 % dari plapon kreditkan. Sedangkan biaya penyatuan shm sekitar 1-2 jtan. Untuk masalah biaya penyatuan shm bisa dimusyarahkan, atau kita sebagai pemmembeliyang tanggung.
Setelah jadi 1 surat tanah tersebut, baru ajukan kprnya.. Oh iya penyatuan surat tanah dilakukan si notaris bank ya, agar proses kpr tetap bisa berjalan walau shm masih dalam proses jadi satu surat tanah.
Misalnya :
Bp. Herman wahyudi, beliau biasa dipanggil Herman atau Peman mau membeli rumah di komplek Srilimo, ia berencana beli rumah dgn dua kavling, dgn masing2 kavling 100m2.. Oleh karena itu pa Peman memiliki rumah dengan luas tanah 200m2. Karena pa Herman membeli dengan normal, setelah proses pengajuan pembiayaan ternyata biaya yang harus dibayarkan Rp. 45.000.000. Pa Peman sempat kaget, tapi karena harus dibayar dan urgent rumah itu segera, ingin nggak ingin harus dikeluarkan uang itu.
Di komplek yang sama Bang beken juga berencana ingin membeli dua kavling yang berdampingan, sebelum kreditkan diajukan, Bang Beken meminta kepada penjual untuk menyatukan surat tanah terlebih dahulu yg diperkirakanmenghabiskan waktu satu bln, stelah diproses di notaris bank (notaris yg sama untuk pembiayaan), hanya selang satu minggu dr proses pengurusan penyatuan surat tanah , bang beken menyuruh kpr rumahnya diproses di bank (dengan lampiran 2 surat tanah yang lama).. Sebab proses pembiayaan sekitar 1 bulan, maka surat tanah menjadi satu pasti lebih cepat dan setelah jadi 1 maka akad pembiayaanpun dilaksanakan dengan surat tanah satu kavling dan budget kpr hanya Rp 25.000.000
Seandainyapun molor waktu proses penyatuan surat tanah, tapi Karena notaris yg sama (penyatuan shm dan notaris akad kreditkan) maka notaris pun tidak mempermasalahkan dan kreditkan pun tetap bisa dilaksanakan dgn surat sakti ‘cover note’ notaris.

Semoga bermanfaat

Bang Beken

 

Properti Terbaru

Jual Rumah Kost Di Depan Kelurahan Kukusan Depok

1,6 M (nego)
Kukusan
Lt/Lb : 120 m² / 220 m²
Lihat Detail »

Rumah Murah Dijual Rangkapan Jaya Pancoran Mas Depok

375jt
jl. Samudera Rangkapan Jaya
Lt/Lb : 200 m² / 100 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Jual Rumah Bukit Rivaria Sawangan

Jual Rumah Bukit Rivaria Sawangan

360.000.000
Bukti Rivaria Sawangan
Lt/Lb : 90 m² / 100 m2 m²
Lihat Detail »

Rumah Dijual Murah Di Parung Bingung Pancoran Mas Depok 2 lantai

390 jt
Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas
Lt/Lb : 70 m2 m² / 120 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Rumah Dijual Di Tanah Baru Beji Depok 2016

Rumah Dijual Di Tanah Baru Beji Depok 2016

Rp. 525jt
jl. M. Ali Tanah Baru
Lt/Lb : 108 m² / 70 m²
Lihat Detail »

Rumah Dijual Di Bedahan Sawangan Depok lingkungan asri

350jt (nego)
bedahan sawangan
Lt/Lb : 98 m² / 70 m²
Lihat Detail »